Thursday, June 25, 2015

Asam Lambung Dapat Picu Kanker Pita Suara

Kanker laring atau kanker pita nada memang lah tidak sedikit menyerang perokok, tetapi naiknya asam lambung dapat menyebabkan peradangan di pita nada & sektor tenggorokan lain. Jikalau tidak langsung diatasi, bakal memicu tumbuhnya sel kanker.

“Selain merokok & senantiasa terpapar polusi hawa, hasil studi terkini menunjukkan naiknya asam lambung serta dapat jadi pemicu munculnya kanker. Lantaran itu, hati-hati seandainya tidak jarang merasa nyeri di bidang ulu hati & tenggorokan terasa tak nyaman seperti terbakar, dapat menjadi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung,” ungkap dokter spesialis THT Siloam Lippo Village gold g, dr. Pulo R. Soaloon B, Sp. THT dikala dihubungi Kompas.com (24/6-2015).

Refluks asam yg naik ke tenggorokan bisa menciptakan tenggorokan & pita nada iritasi. Rata-rata, dapat memunculkan gejala sakit tenggorokan, nada serak, penumpukan lendir, sampai munculnya benjolan di pita nada. Resiko naiknya asam lambung rata-rata bakal lebih tidak baik bila berlangsung disaat posisi berbaring.

Menurut dr. Pulo, buat meminimalisir keadaan ini, hindari makan di tengah malam hri menjelang tidur. “Untuk menjaga asam lambung tak naik, biasakan mogok makan dua jam sebelum tidur tengah malam. Hindari makan goreng-gorengan. Lantaran, gorengan dapat memicu asam lambung naik & sanggup tertinggal di pita nada. Buah merupakan pilihan cocok buat dimakan di tengah malam hri,” ungkapnya.

Dr. Pulo menyambung, apabila Kamu termasuk juga tidak jarang mengalami asam lambung naik & berefek terhadap bidang tenggorokan, atau menciptakan nada serak, serta-merta konsultasi kepada dokter. Tidak jarang, hal-hal seperti ini dianggap sepele. Padahal, bila tidak serta-merta diatasi dapat berbahaya. Makin langsung terdeteksi, pasti dapat makin akbar peluang buat sembuh.

Sunday, June 21, 2015

Puasa Bukan Alasan Bermalas-Malasan

Tidak Hanya lapar & haus, mengantuk jadi salah satu faktor yg kerap dilontarkan orang diwaktu berpuasa. Walaupun, sebenarnya keadaan mengantuk di siang hri wajar saja lho dialami beberapa orang yg tengah berpuasa.

dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari FKUI/RSCM mengemukakan mengantuk di siang hri waktu sedang berpuasa teramat wajar lebih-lebih di pekan mula-mula puasa. Penyebab utamanya, dikatakan dr Ari dikarenakan badan tak terbiasa bangun buat sahur.

"Anggap saja badan tetap menyesuaikan diri terhadap etika baru. Lama kelamaan tentu dapat terbiasa. Namun janganlah lantaran puasa, Kamu bermalas-malasan & tidur terlampaui tidak sedikit," papar dr Ari waktu berbincang dgn DetikHealth & ditulis terhadap Rabu (17/6/2015).

Senada bersama dr Ari, dr Ahmad Fuady, Meter.Sc-HEPL selaku Kepala Klinik Dokter Keluarga FKUI Kayu Putih menyampaikan mengantuk di siang hri saat berpuasa teramat wajar. Lantaran, tidak dengan berpuasa juga seorang sanggup ngantuk di siang hri sebab perihal ngantuk sendiri amat sangat tidak sedikit. Cuma saja, dikatakan dr Ahmad, kepada dikala puasa seorang condong lebih gampang ngantuk sebab banyak hal, seperti motivasi, kelelahan, & kurang asupan nutrisi.

Guna mengatasi mengantuk ketika puasa dikala bekerja atau kuliah, dr Ahmad menjelaskan tidak cuma nutrisi yg lumayan, tonton serta pola istirahat. "Pastikan bahwa badan beristirahat dgn lumayan. Kalau benar-benar terasa ngantuk, ambillah saat 10-15 menit buat memejamkan mata. Tapi, janganlah tidur berlebihan," kata dr Ahmad.

Sementara, dr Ari menyampaikan utk menangkal kantuk di siang hri, coba mencuci muka & tidur sebentar kira-kira 10-15 menit sebab factor ini diakui sanggup mengembalikan kesegaran badan. Tidak lupa, dr Ari berpesan manfaatkan dikala bersama baik selagi berpuasa & pakai disaat sepositif kemungkinan. Di tengah malam hri, dr Ari menyarankan baiknya tidur kurang lebih pukul 10 tengah malam.

Dulu, kurangi hal-hal yg tak mengandung ibadah. kabar kesehatan dr Ari menekankan, pengaturan yg baik selagi bln Ramadan pastinya bakal menciptakan puasa terasa lebih enteng. "Anda mesti bijak memanfaatkan saat, prinsipnya puasa itu melatih satu orang buat sabar, mengatur makan & merasakan apa yg dirasakan orang yg kurang beruntung. Intinya latihan berpuasa amat berguna bagi fisik & psikologis satu orang," kata dr Ari.

Pengasuh Konsultasi Diet DetikHealth, Leona Victoria Djajadi, MND, mengemukakan trick menghindari kantuk di siang hri yaitu dgn konsumsi makanan & minuman yg berprotein tinggi & memiliki GI (glikemik indeks) rendah. Tujuannya, biar rasa kenyang berkukuh
lebih lama, gula darah juga stabil lebih lama.

Monday, June 15, 2015

Ingin Buang Air Besar Setelah Minum Kopi? Ini Penyebabnya

Kopi mempunyai sifat diuretik atau melancarkan buang air mungil. Ini rata rata dialami oleh nyaris seluruhnya peminum kopi. Mereka merasakan hasrat mau buang air mungil usai mengonsumsinya. Tapi nyata-nyatanya, ada pun peminum kopi yg merasa mau buang air gede sesudah meneguknya. Bila menemui elemen ini sehingga mungkin Kamu mempunyai sensitivitas lebih agung pada kafein terhadap kopi.

Kafein jadi mild diuretic yg menjadikan ekskresi badan jadi lebih cair. Resiko diuretik ini tidak sama tergantung dari beraneka ragam aspek seperti tipe kelamin, gerakan, & adat. Nah, bagi sebahagian peminum kopi, kafein dapat memunculkan reaksi bak pencahar. Kimia kopi memberikan stimulasi kontraksi kepada otot di usus gede seperti halnya kontraksi usai makan.

Menurut Profesor mikrobiologi molekuler & imunologi di Keck School of Medicine, William DePaolo, justru kopi yg berkafein mempunyai sifat pencahar ini dibanding kopi yg sudah dipisahkan kafeinnya. Di samping itu, sifat asam dari kopi menyebabkan peningkatan asam empedu yg mempengaruhi pencernaan.

“Kopi pula mempunyai sifat asam yg menyebabkan peningkatan produksi asam empedu dalam badan. Kopi menstimulasi kantung empedu utk melepaskan empedu ke dalam usus & menyebabkan diare,” kata William seperti dikutip page kesehatan terkini.
Butuh dipahami, tambahan unsure pemanis, susu, atau bahan penambahan lain terhadap kopi malah mampu meningkatkan tekanan di usus orang yg mengkonsumsi kopi tersebut. Efeknya yaitu kembung & diare kepada tambahan pemanis.

“Pemanis dalam campuran kopi sanggup menyebabkan kembung & diare. Product olahan seperti susu, krim, & laktosa dapat juga menyebabkan diare & keluhan perut,” ucap Dr. Jay Kuemmerle dari Virginia Commonwealth University.
Dampak ini sanggup dihindari dgn konsumsi kopi dalam takaran wajar atau cocok dgn kebolehan badan. Kurang lebih dua hingga tiga cangkir kopi bisa saja tetap aman. Kalau minum lebih dari itu sehingga berpotensi menyebabkan diare. Lebih aman lagi yakni minum kopi yg tidak dengan kafein.

Sunday, June 14, 2015

Jauhi 5 Makanan Ini Demi Kesehatan Gigi

Seluruhnya tahu, bahwa permen & soda buruk utk kesehatan gigi. Namun, nyata-nyatanya bukan cuma itu. Kandungan gula & asam yg terdapat kepada makanan yg tampaknya tidak berbahaya, ternyata pula berefek terhadap kebersihan & kesehatan gigi. Marc Lowenberg, DDS, dokter gigi kosmetik di New York, menuturkan lima makanan yg tidak dengan disadari merusak gigi & memberikan solusinya.

Jus kemasan 

Satu botol kemasan jus memang lah mempunyai kandungan nutrisi yg padat, tetapi janganlah lupakan kandungan gulanya. Jus kemasan kebanyakan mempunyai kandungan gula tinggi, bahkan ada yg lebih tinggi dari smoothies & minuman ringan. “Ini sama saja menghujani gigi Kamu bersama cokelat manis,” tutur Lowenberg. Gula ini dimakan oleh bakteri di dalam mulut & diubah jadi asam, yg menciptakan enamel gigi menipis & sanggup menyebabkan gigi berlubang.

Solusi : Minum jus bersama sedotan, dapat menolong menjauhkan kandungan di dalam jus bersentuhan serta-merta dgn gigi. & pastikan setidaknya 45 menit sesudah konsumsi jus utk menyikat gigi.

Vitamin kunyah 

Teksturnya yg kenyal & lengket tidak tambah baik daripada permen. Faktanya, yg menciptakan viitamin kunyah bertekstur lengket ialah gula. Maka, waktu gigi mengunyahnya telah pasti dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

Solusi : Ada baiknya memilih vitamin dalam wujud pil. Walaupun rasanya tidak seenak vitamin kunyah, setidaknya Kamu tidak butuh berkunjung ke dokter gigi.

Saus barbecue 

Menciptakan program memanggang dgn sahabat & keluarga benar-benar menyenangkan. Di Sayangkan, rata rata orang tidak menyadari bahwa saus manis utk melumuri ayam atau daging, pun melumuri gigi bersama gula. Lantaran, saus barbecue yg digunakan benar-benar mengandung tidak sedikit gula. Ini dapat berefek kepada warna gigi, bahkan mampu berjalan kerusakan apabila tidak segera dibersihkan.

Solusi : Kamu mampu mengoleskan petroleum jelly terhadap gigi, supaya saus tidak bersentuhan serta-merta bersama enamel gigi. Tidak nyaman bersama petroleum jelly ? Kamu dapat segera menggosok gigi sesaat sesudah makan, buat menghilangkan residu apapun.

Buah kering 

Buah segar dianggap baik utk kesehatan gigi, dikarenakan kandungan airnya yg bernutrisi, seperti kepada apel & pir. Namun, ini tidak berlaku kepada buah kering. Makanan yg dinyatakan bergizi ini, dikemas bersama serat non selulosa, & seakan seperti jebakan, kandungan gula di dalamnya amat tinggi.

Solusi : Sikat gigi langsung sesudah mengkonsumsi buah kering, supaya gula tidak terjebak di dalam mulut & merusak gigi. Sebaiknya, biasakan mengkonsumsi buah segar ketimbang buah kering. diluar itu, buah segar pasti lebih sehat sebab tidak lewat proses apapun.

Anggur putih 

Anggur merah dianggap jelek bagi kesehatan gigi, terutama efeknya kepada warna gigi. Namun nyatanya, anggur pputih tidak lebih baik bagi kesehatan gigi. Asam yg terkandung dalam anggur putih, dapat menggerogoti enamel gigi.

Solusi : Makan lebih tidak sedikit keju disaat konsumsi anggur. Keju mengandung kalsium, fosfor, yg semuanya bisa meringankan menahan serangan asam di dalam mulut. Terkecuali itu, serentak mengkonsumsi air buat membersihkan mulut dari kandungan asam yg tertinggal.